Minggu, 07 November 2010

Hari ini, di Cikapayang

Hari ini 7 Maret 2010, sebuah pengalaman yang sangat luar biasa sekali, saya alami. Saya kembali ke jalanan bersama anak-anak jalanan yang budiman yang sangat tertarik untuk belajar, tepatnya belajar bahasa Inggris. Begini keadaan Cikapayang dan sepanjang jalan Ir. H. Juanda, Dago.


Sebuah bahasa asing yang sudah sangat familiar untuk standar anak-anak Bandung dengan kehidupan yang sudah sangat metropolis. Kehidupan yang mendukung anak-anak untuk bisa berbahasa dan bergaul sama dengan orang-orang lain. Terus terang saya sangat mengakui dan sangat bangga kepada anak-anak jalanan yang mempunyai semangat belajar tinggi yang mungkin saja tidak dimiliki oleh anak-anak beruntung di luar sana. Anak-anak yang SUPER SEKALI.


Tadi, saya datang ke Cikapayang, tepatya di depan Bank BCA. Bertemu dengan sahabat Bang Gimbal yang sekarang sudah berubah penampilan, tidak gimbal lagi. Saya dan bang Gimbal, berbincang dengan akrab dan hangat sambil menunggu anak-anak untuk belajar bahasa Inggris. Saya datang jam 8 pagi, dan ngobrol sampai jam 10. Dan kebetulan ada Exel. Murid pertama hari ini.

Saya dan Exel asyik ngobrol, sekitar 30 menit, dan dia mengajak saya ke kosan dia di daerah Balubur. Tentu saja untuk belajar bahasa. Baru kali ini saya mengajar di kosan mereka. Saya sangat senang bisa diajak ke sana. Sangat friendly dan sangat menyenangkan. Sesampai di kosan dia, karena kebetulan di kamar itu dia tidur bertiga, Bang Gimbal, Exel dan Ucil. Ucil ini kebetulan sedang tidak enak badan jadi dia tdak mengamen. Di kosan kami bertiga ngobrol selama 10 menit sebelum Exel berniat untuk membeli makanan. Saya spontan, saya langsung menyuruh Ucil untuk membeli makanan dan minuman untuk mereka dan Ucil dengan sigab berangkat ke warung. Sambil menunggu dan main gitar, saya dan Exel sambil mempersiapkan buku dan segala rupa. Ternyata Exel belum punya buku jadi pas Ucil datang, langsung lagi disuruh untuk beli buku di warung. Warungnya tidak terlalu jauh, cukup 5 menit kami menunggu. Dan pelajaran dimulai.

Exel sangat antusias belajar bahasa Inggris. Namun, mungkin karena sedang tidak enak badan, semangat Ucil belum terlihat. Sebagai calon pekerja sosial, saya harus banyak belajar dari sikap berbeda yang ditunjukkan Ucil. Sebuah sikap yang harus saya pelajari. Sangat menyenangkan, sekaligus membuat saya banyak belajar.

Saya awalnya mengajarkan perkenalan, namun sepertinya Exel sudah paham dan tidak perlu lagi saya menjelaskannya secara detil. Exel bilang mungkin itu bisa langsung diterapkan saja dalam bercakap dan dia anggap itu lebih mudah. Pelajaran kedua saya mengajarkan tentang Daily Activity. Sangat menarik sangat antusias anak-anak ini. Mereka itu cepat paham dan sangat mengerti. Jadi saya berpikir, mungkin mereka tidak sekolah saja, jadi mereka begini. Seandainya mereka sekolah dengan segala sesuatu yang dia butuhkan maka mereka akan tumbuh menjadi seorang yang hebat. Dan saya rasa, mereka akan mencapai kesuksesan itu di masa depan jika mereka bersungguh-sungguh belajar. Sangat menarik menurut saya.

Pada pelajaran Daily Activity, Exel banyak bertanya. Mulai dari bagaimana cara memulai pembicaraan, tentunya dengan basa basi. Saya ajarkan bagaimana cara menanyakan kabar, cara menanyakan waktu, dan tentunya mereka bertanya sesuai dengan pengalaman-pengalaman yang mereka alami selama di jalanan. Dan Alhamdulillah saya menjelaskan itu sesuai dengan harapan saya, mereka mengerti. Dan disela-sela pelajaran saya mengajarkan Simple Present Tense, Present Continuous Tense, dan Simple Past Tense. Itu menurut saya paling penting dalam bercakap. Sangat penting. Mulai dari bentuk kata kerja, ada Verb1, Verb2, dan Verb3. Ada juga saya ajarkan tentang kata kepunyaan seperti I – Me – My – Mine, dst. Nah itu yang saya ajarkan hari ini.

Besok akan ada kelanjutan cerita ini. Namun pada pertemuanku dengan mereka sore hari sehabis Sholat Ashar, sekitar jam 4-an sore. OK
Sekian^^
Salam Semangat Selalu

10 komentar:

Ferdys mengatakan...

sebuah pengalaman yang cukup menyenangkan bermain dengan anak-anak jalanan.... Ketika kehidupan lagi sudah tak bersahabat dengan mereka, maka butuh sosok yang dapat mengajarkan mereka tentang pengetahuan pengetahuan yang mungkin sudah tdk mereka dapatkan.
terus berjuang sob.... pantas jadi aktivis anak jalanan kau ini....
hehehehe...
salam
---------------
http://ferdys-aja.blogspot.com/

Muhni mengatakan...

ferdys: sekarang lagi penjajakan sob...

yah usaha demi usaha sedang dilakukan...

kisah abu nawas mengatakan...

pengalaman yang luar biasa sob

Anonim mengatakan...

hmmmm.... kirain ada apa di cikapayang... title'nya good lah, bikin orang mau baca ... seperti halnya saya ternyata tak sedahsyat yang saya kira wkwkwkw heheheh

kisah abu nawas mengatakan...

thanks sharenya

Muhni mengatakan...

kisah abu nawas: iya sob.. kpan2 kalo mau ikut hubungi aja yah... :)

anonim-eci: yah itu penilaian eci, tp segimanapun tulisan saya... inilah saya... makasih komennya...

sibutiz mengatakan...

nice post gan....

Muhni mengatakan...

sibutiz: makasih gan

Anonim mengatakan...

mantavvvv bro .....

Muhni mengatakan...

anonim;;; makasih bro

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog Saya

"Magical Template" designed by Blogger Buster