Rabu, 21 April 2010

Cinta yang Sejati, Sabar Menunggu



Tadi malam saya menonton sebuah film dokumenter asli Makassar judulnya “Cinta samadengan Cindolo Na Tape”, cindolo itu modifikasi dari cendolo yang artinya cendol, makanan yang terbuat dari tepung kanji yang dimasak sampai mengental dan dimasukkan ke dalam cetakan kecil-kecil. Dan tape itu yah tape, beras ketan hitam yang dikukus dan diberi tagi lalu disimpan dalam tempat tertutup agar terfermentasi dan menjadi tape. Dari film ini saya melihat kisah dua orang anak SMP yang sedang dimabuk VMJ alias Virus Merah jambu. Sungguh sangat sayang, keadaan genarasi muda kita sekarang sudah sangat memprihatinkan, masih SMP sudah mengenal yang namanya CINTA. Cinta itu apa sich? Sebuah kata yang sangat dalam maknanya dan didefinisikan oleh sahabat saya Nurul Ifadah alias Nunu Duta pada saat SMA dulu, kalau tidak salah pada saat kelas dua SMA sekitar tahun 2008 yang saya lihat dalam buku catatannya.

Menurutnya cinta adalah kabut yang membutakan mata, menghalangi jiwa untuk melihat rahasia kehidupan, sehingga hati hanya melihat hantu-hantu hasrat yang bergetar di bukit-bukit dan hanya mendengar gema jerit tangis dari lembah-lembah yang bisu.

Sangatlah banyak ahli yang memberikan definisi cinta, namun kenapa saya justru mengambil definisi dari teman sekolah saya? Dalam definisi itu saya melihat sebuah makna yang sangat besar. Kata-kata itu sangat mampu menggambarkan arti cinta yang sebenarnya terjadi sekarang. Merupakan sebuah kabut yang membutakan mata, kabut yang membuat orang lain tidak bisa melihat dan merasakan sesuatu yang kita rasakan, karena itu hanya bersumber dari sebuah dunia yang bisa menggelapkan hati dan pikiran anak muda sekarang jika ia tidak mampu untuk mengontrolnya. Hanya hantu yang berteriak-teriak dalam kalbu kita, namun justru kita sendiri yang tak mendengarnya tetapi mengikutinya. Sungguh ironis hal ini.

Dalam hal ini, pengorbanan yang diberikan dalam mencintai dan dicintai sangat penting untuk diperhatikan. Mereka terkadang hanya berkorban asal-asalan, dalam hal ini bentuk pengorbanan mereka itu hanya berupa kesenangan duniawi saja atau kesenangan sesaat yang memang mereka itu tidak memikirkan bentuk-bentuk investasinya nanti di masa yang akan datang. Hal ini yang perlu dirubah, namun untuk merubah itu tidaklah semudah membalik telapak tangan. Namun, lebih baiknya kalau kita memberikan sugesti-sugesti positif tentang bagaimana sebaiknya menghadapi cinta dan memberikan pengorbanan kepada cinta versi mereka sendiri.

Cinta sekarang sudah sangat jauh dan tidak sesuai dengan syariat agama Islam. Mereka sudah melegalkan yang namanya ciuman dan pelukan bahkan lebih dengan pacaranya. Mereka cenderung mengatakan “itu kan pacar saya, wajar donk kalo saya cium” itulah yang menjadi dasar mereka. Pacar. Mereka juga dituntut oleh lingkungan mereka, katanya, “hari gini ga ada pacar, kacian deh lu”. Statemen-statemen seperti ini yang perlu kita perhatikan agar kita bisa rubah dan menjauhkannya dari kehidupan kita sebagai anak muda yang baik-baik.

Sebuah slogan yang cocok buat kita sekarang adalah “pada saat dunia berkata, BUKTIKAN CINTAMU...!!!, kita orang-orang yang beriman, CINTA YANG SEJATI SABAR MENUNGGU”.
Sekian.

10 komentar:

Awaluddin Jamal mengatakan...

tapi kesabaran itu ada batasnya..,

kalau sudah tidak sabar.. bagaimana mi ???

Rahad 2 Six mengatakan...

kesabaran itu ada batasnya.......

agung ap mengatakan...

Tapi nunggunya jgn sampe ketuaan
kita jg harus tetep nyari tapi tetep sabar jgn terburu2
klo nunggu aja gak akan pernah dateng

Muhni mengatakan...

kanda awal: kan Innallaha ma'asshabiriin...

Rahad 2 six: iya ada batasnya, tp yg ngebatasin itu kan kamu sendiri....

Agung ap: bener tugh g boleh nunggu... kalo tiba masa.... maka lakukanlah...

Cahya-Putra mengatakan...

wahh,,, moga cinta ku tak lama-lama datangnya

moga dapet yang cantik, sholeha, sabar, dan nurut sama cowonya

Muhni mengatakan...

amin.....

Willyo Alsyah P. Isman mengatakan...

Brkt Rahmat Tuhan YME, Lagu ku brsma CS Band, rampung juga,slmt mndengarkan..jgn lupa unduh ya

bocahbancar mengatakan...

Assalamu'alaikum wr.wb

Hmm.... Baru sempat mampir pertama kali ke sini euy :)

Pertama kali disuguhin artikel tentang cinta he he he,,,,

Bagus lah pokoknya tulisane Muhni ini....

Salam semangat selalu

lilisariarsyad mengatakan...

permisi...

baru ketemu sy dengan blog ini..

tulisannya bagus...


salam kenal..

Muhni mengatakan...

OK mBA... salam kenal...

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog Saya

"Magical Template" designed by Blogger Buster