Jumat, 20 Mei 2011

Kelas 2C berbagi...

Hari ini 10 Mei 2011, kami sekeluarga di Kelas 2C STKS Bandung, mengunjungi salah satu panti rehabilitasi Narkoba dan HIV/AIDS Rumah Cemara di Jalan Geger Kalong, dekat Daarut Tauhid Bandung. Kami semua ke sana dengan naik bis Kementerian Sosial RI, dipandu oleh dosen kami yang cantik Ibu Ayi untuk mata kuliah Manajemen Kasus. Sekitar 30 menit perjalanan dari STKS ke arah utara (sudah termasuk macet di Setia Budhi).

Sesampainya di sana, kami semua langsung disambut hangat oleh teman-teman Rumah Cemara disuguhi sebuah film dokumenter hasil karya sendiri dan terbaik, jempol buat kawan-kawan RC. Sebuah semangat baru lagi yang saya dapatkan hari ini. Melalui kata-kata mereka yang sangat menggugah, sangat inspiring. Pantas saja para klien-klien di situ menjadi bersemangat lagi, karena memang orang-orang yang ada di dalam adalah orang-orang yang penuh semangat dan orang yang bisa menularkan semangat. Semangat yang menurut saya tidak pernah mati. Semangat yang akan selalu membara dan takkan terlupakan. Inilah kawan sejati, inilah sahabat yang sesungguhnya. Mereka adalah orang-orang baik yang HIV positif yang malah justru lebih mampu untuk menjadi sahabat dibanding dengan orang-orang yang berada di luar sana.

Setelah menonton film, kami semua berpindah ke belakang. Ada halaman yang cukup luas disana. Ada 3 pohon gede yang rindang dengan lapangan basket yang cukup untuk 3 on 3. Cukup asyik. Kami berdiskusi dengan akrab, disana, memperkenalkan diri dan asal, bertanya dan penyerahan plakat dari Kelas 2C STKS Bandung. Acara di Rumah Cemara selesai.

Kita melanjutkan lagi hanya untuk sekedar menonton mereka latihan sepak bola untuk Kejuaraan Homeless World Cup 2011, Paris, France. Mereka menjual beberapa jenis souvenir, ada gelang, pin, dsb, untuk mendukung mereka pergi ke Paris mewakili Indonesia. Semoga Sukses yah Kawan, Salam Semangat Selalu.
Kaluku Lolo
Abd. Muhni Salam
Ditulis di Kamar 11, Asrama putra Induk STKS Bandung, jam18.44. Bertiga, ada k’alam dan K’Cipta. Makan kue kiriman K’alam dari keluarganya di Makassar.
Selengkapnya...

Dari Hati

Siang ini, cuaca agak sedikit gerimis, dengan kondisi yang tidak memungkinkan untuk beraktivitas di luar ruangan. Oleh karena itu, saya menyempatkan diri membuka laptop dan menulis sedikit tentang apa yang terjadi barusan.

Saat saya berbincang dengan salah seorang teman dari Sulawesi di bawah pohon pinus di dekat tempat parkir motor, muncul teman saya menyalami saya, Doni (samaran) dan menyucapkan sesuatu, small talk, tiba-tiba saya kaget karena ada salah seorang yang berteriak kepada saya dan Doni “Hei, Fany (samaran) ji loh...” dengan nada mengejek. Something wrong I think. Kenapa dia harus berteriak itu kepada Doni saat sedang bersama saya? Kenapa bukan dari tadi? Kenapa bukan ntar? Yah itu memang urusan yang bersangkutan ingin mengatakannya kapan, tetapi kenapa harus pada saat ada saya?

Teman saya juga sedang latihan lagunya Dari Hati, inilah yang menginspirasi saya. tidak ada hubungannya sama sekali. Saya harus profesional dalam hal ini. Kemarin saja saya baru belajar bahwa seorang yang berada dalam sebuah jawatan yang sama dengan status klien dan Pekerja Sosial tidak boleh membangun hubungan emosional bagaimanapun caranya. Harus ada salah satu yang mundur dari status itu. Dan itu bukan pilihannya kalau saya yang mundur dari pekerja sosial. Sehingga pilihannya hanya satu, saya tidak boleh menjalin hubungan emosional ini. Awalnya memang ada unsur pemanfaatan klien dalam mengeksplor sumber-sumber yang dimilikinya, namun ini disalahartikan oleh teman saya. dan berkembang issu yang tidak mengenakkan. Sehingga dampaknya adanya teriakan teman tadi.

Namun, sudah sejauh dan setanggap itukah mereka akan hal-hal yang sama sekali tidak berbobot menurut saya. Disoriented untuk seorang Muhni. Dan itu akan membuat sebuah masalah psikososial yang ujung-ujungnya pada masalah pribadi. Ini akan semakin memacu saya untuk mengatakan TIDAK pada segala jenis kejadian yang menimbulkan kerugian-kerugian emosional. Mudah-mudahan kejadian orang yang tadi itu semakin memicu saya untuk menjaga tingkah laku dan menjaga sikap yang saya tunjukkan sebagai “public figure” di beberapa tempat.

Ditulis di kamar 11, jam14.39 hari Kamis 12 Mei 2011, K’wahyu sudah datang. ^^
Selengkapnya...

Senin, 09 Mei 2011

Diary Kampung 200

Hari ini 7 Mei 2011, di kampung 200, Cisitu, Bandung—Saya dan tim kp200 Child Care Community melaksanakan rutinitas kembali untuk mengajar sebagai bentuk pendekatan kita kepada anak jalanan ataupun anak-anak yang rentan ke jalanan. Yah sesuai dengan klasifikasi hari yang sudah ditetapkan di sana, Sabtu adalah hari Bebas. Bebaskan. Tadi kami melakukan penggalian informasi kenyamanan mereka dengan pendamping dari Tri-C pakai trik Ter-. Ada yang Tergalak, Terbaik, Terlucu, Ternyebelin, Terpintar, Tercantik, Terbanyak gaya, dan TerTerPaling kamu sukai. Dan kami mendapat respon yang luar biasa.


Awalnya kami membagikan mereka kertas berwarna dan dipotong memanjang, supaya mereka tertarik kita memberikan kesempatan kepada mereka untuk menuliskan nama hewan yang mereka paling sukai dan tidak boleh sama satu sama lain. Ini akan memudahkan kami untuk mengidentifikasi anak mana yang menuliskan nama-nama pendamping itu. Dan pada akhirnya itu akan menjadi rekomendasi Tri-C Kp.200 untuk pendamping yang menangani case yang anak-anak hadapi. Teman-teman yang mengetahui hal ini akan menjadi lebih peka kepada anak-anak tertentu di wilayah dampingan kampung 200.

Tadi sore, ada sekitar 10 orang anak yang datang. Dan itu ada 2 orang anak yang baru dan tertarik berproses dengan Tri-C. Tri-C ini akan kami perkenalkan terus kepada anak-anak jalanan di sana. Karena kekhawatiran kami mereka akan menganggap kami yang notabene kuliah di STKS adalah tusan STKS untuk mendampingi mereka. Padalah kami adalah Child Care Community. Sekarang kami sedang menggodok agar program AMSA bisa masuk ke Kampung 200 melalui Tri-C. Mudah-mudahan ini berhasil dan bisa menjadi pemicu teman-teman di Tri-C untuk lebih semangat lagi mendampingi adik-adik di Kampung 200.

Kaluku Lolo
Abd. Muhni Salam Daeng Gassing
Di kamar 11, ada Kanda Alamsyah, Kanda Chipta, Gun alias Ariev. Kami mendengarkan lagu Hijau Daun-Suara. Keren. Salam Semangat Selalu^^
Salam untuk teman-teman Child Care Community yang tetap semangat berjuang untuk Pasteur, Cikapayang, dan Kampung 200.



Selengkapnya...

Pagi Bukan Awal

Pagi bukan awal dari segalanya. Pagi bukan awal dari aktivitas. Pagi bukan waktu yang awal. Itulah yang tertanam dalam pikirannya. Menjadikan sehari semalam itu sebagai sesuatu yang bulat tak berpangkal dan tak berujung yang bisa dimulai dari mana saja. Semangat itu muncul kapan saja. Memkikkan kata-kata yang menuh makna untuk dipikirkan dan diambil hikmahnya. Menjadi sebuah perkara besar jika menentangnya dengan membawa-bawa golongannya. Sangat sensitif pada sesuatuyang belum tentu benar. Mudah terpancing isu-isu yang sebenarnya Cuma memancing dia untuk berbicara, seperti terapi yang dilakukan oleh terapis yang menangani King George pada film King’s Speech. Menggunakan cara apa saja asalkan dia berbiacara, tanpa pandang waktu.


Anehnya, belakangan ini dia menjadi sangat bersemangat untuk berada dan tetap menjalankan amanahnya. Bersama-sama dalam kebenaran dan memperjuangkannya. Sekarang dia tidak begitu lincah berbicara. Banyak hal yang seharusnya disuarakan tetapi didiamkan. Ini menjadi sesuatu yang janggal untuk seorang aktivis. Aktivis yang mengaku peduli terhadap umat. Kapanpun, tidak pagi, siang ataupun malam. Mungkin cara saya menyampaikan ini tidak sesuai dengan EYD. Yang jelas teman-teman semua bisa membaca dan memahami apa yang saya tulis. Tidak peduli. Saya banyak belajar dari dia. Tidak peduli pada lingkungan yang membuatnya terganggu. Dia bisa kapan saja bermain “game, tidur, bekerja, atapun bersantai”, tanpa ada paksaan dari orang lain dan menghindari intervensi dari siapapun itu.

Kalau dia berbicara pasti bermakna. Namun jarang kami mendengar kata-kata penuh makna itu. Kata-kata itu keluar begitu saja. Mengalir seperti air tanpa hambatan. Dan berhenti begitu saja tanpa peduli, ada yang mendengar ataupun tidak, ada yang mengambil hikmah ataupun tidak. Menyampaikan. Itulah misinya.

Saya bingung dengan apa yang dia pikirkan. Saya tidak mengerti bagaimana cara dia mengerti saya. saya pun tidak tahu bagaimana harus memandangnya. Penuh kecurigaan, bisa saja. Namun itulah yang terjadi. Bukan karena kami berbeda atau karena kami mempunyai banyak kesamaan, namun karena kepercayaan yang belum terjalin. Selama ini ada banyak sekali kisah yang dijalani. Tetapi itu bukan awal dan tidak juga berakhir. Sampai saya menulis kalimat ini. Orang-orang mengatakan dia sudah mati. Dia sebenarnya tidak mati dalam hati saya. kami saling mengerti dan memahami. Ada banyak hal yang dia beritahukan kepada saya, melalui peninggalannya. Mati? Tidak.

Saya berubah pikiran untuk tetap bersama dia. Sesuatu yang tak berawal dan tak berakhir. Saya menjadi takut kehilangan dia. Namun, dia tak pernah mengerti apa yang saya inginkan. Atau dia pura-pura tidak mengerti. Sesuatu yang tidak tertebak. Tak satupun yang bisa menebak. Sekarang tepat pukul 15:00 hari Sabtu tanggal 7 Mei 2011, di depan laptopku, tak memakai baju, bersiap mengajar anak jalanan, dan HP berdering, saya mengucapkan ke dia. “Jangan tinggalkan AKU”. “I don’t know me”.
Kaluku Lolo
Abd. Muhni Salam Daeng Gassing
Asrama Putra Induk STKS Bandung kamar 11


Selengkapnya...

Jumat, 06 Mei 2011

Lihat!

Bandingkan apa yang kita miliki dengan apa yang sudah kita lakukan untuk diri kita, untuk mendapatkan semua yang kita miliki. Tulisan ini terkhusus saya sampaikan kepada sahabat saya. saya sangat berharap terjadi sebuah keajaiban dengan teman saya mampu untuk membuat sebuah keajaiban. Berbagilah. Maka akan banyak yang mau berbagi kepada kamu. Selengkapnya...

Kamis, 05 Mei 2011

Ceritaku, Sedihku...

Saya mau curhat nih, saya merasa sangat galau ditemani dengan lagu Salju – Kasih. Tidak tahu apa yang terjadi, tetapi ini terjadi. Membuat sesuatu yang berefek, padalah saya tidak pernah mengharapkan efeknya ini. Saya sudah jenuh dengan keadaan seperti ini. Tetapi saya tidak pernah putus asa. Saya sama sekali bingung, apa yang harus saya lakukan. Dan sekarang lagu di playlist saya sudah pindah ke ayat-ayat cinta- Rossa, yang memang sebelumnya sudah saya persiapkan.


Rossa bilang ada pengorbanan, namun saya tidak merasa pernah berkorban. Saya tidak pernah merasa ada sebuah kebahagiaan yang spesial. Saya tidak pernah merasa ada sebuah kesedihan spesial. Dan memang ini bukan sesuatu yang spesial. Bukan sesuatu yang memang membutuhkan sebuah pengorbanan. Karena tidak ada apa-apa. Hanya satu hal yang bisa membuat saya tersenyum, melihatnya tersenyum dan membayangkan senyumannya, cukup itu.

Memang banyak orang yang bilang, “Muhni ayolah cari pacar”, dan saya dengan santai bilang “ah, tidak usah, belum saatnya”. Namun, ternyata itu tidak benar. Itu selalu mengganggu pikiran saya, dan saya selalu mengalihkannya. Saya selalu bisa membuat pikiran saya ini beralih. Ada banyak daftar tunggu yang siap eksekusi. Namun, saya harus berpikir. Berpikir untuk masa depan. Saya hanya bisa .... Samson – kenangan terindah—sudah mulai. Mungkin itu, saya hanya bisa mengenang dan kenangan ini yang akan selalu mengganggu. Menghilangkannya bisa. Tetapi tidak tepat masa sekarang. Saya akan merasa sangat tidak berharga, jika kenangan itu hilang. Dia akan tetap ada dan abadi. Alam bawah sadarku yang harus saya perintahkan untuk menghilangkannya, kalaupun bisa.

Sekarang winamp berganti lagi berdua denganmu, heart. Aku yakin itu... ada liriknya seperti itu, apa yang harus diyakinkan. Ini adalah puncak kegundahanku. Gundah gulana, menurut penyair. Dan itu yang membuat kegundahan ini gulana. Ada keyakinan yang tak saya yakini. Bagaimana caranya? Yang jelas terjadi. Pusingka’ (pusing versi Makassar). Kalau ada yang bisa ngasih puisi yang bisa menenangkan dengan puisi atau lagu mellow, saya tunggu yah sobat di email saya. muhni28@yahoo.com.
Malam ini, ditutup dengan The Potters-Keterlaluan, sendiri di kamar 11 Asrama Putra Induk STKS Bandung. Teman-teman yang lain pergi ke Borma, beli peralatan mandi. Sambil makan Kacipo’ (makanan khas Makassar yang diberikan anak STIKES yang studi banding ke Bandung). Jam 21:39.


Selengkapnya...

Senin, 02 Mei 2011

Info Pendaftaran STKS Bandung 2011

Menanggapi semakin banyaknya peminat Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung, maka saya menuliskan informasi ini yang bersumber dari brosur STKS Program Diploma IV yang dikeluarkan oleh pihak Humas STKS Bandung.


CALON MAHASISWA
A. Calon Mahasiswa Tugas Belajar yang berasal dari CPNS/PNS:
1. Kementrian Sosial
2. Pemerintah Provinsi, Kota dan Kabupaten
3. Instansi pemerintah lainnya
B. Calon mahasiswa yang berstatus Ikatan Dinas pemerintah daerah.
Untuk Ikatan Dinas Pemerintah Daerah, harap menghubungi BKD Kab/Kota Masing-masing
Khusus untuk Sulawesi Selatan untuk tahun 2011 masih ada, untuk daerah lain, saya belum tahu.
C. Calon mahasiswa yang berstatus Ijin Belajar , terdiri dari:
1. Calon mahasiswa yang dibiayai oleh LSM, Yayasan, Orsos dan Panti Swasta.
2. Calon mahasiswa dari SMA/SMK Bidang keahlian pekerjaan sosial yang berprestasi (NEM) lulusan 2 tahun terakhir
3. Calon mahasiswa dari SMA/SMK yang mempunyai prestasi di bidang olahraga dan atau seni, serendah-rendahnya tingkat Kabupaten/Kota.

SYARAT PENDAFTARAN
Persyaratan bagi calon mahasiswa dari:
A. Lulusan SLTA
B. Sarjana Muda / Diploma III Pekerjaan Sosial / Kesejahteraan Sosial
C. Mengisi Formulir pendaftaran dengan melampirkan:
1. Fotocopy ijazah/STTB yang telah disahkan sebanyak 1 lembar.
2. Fotocopy SK pertama dan terakhir yang telah disahkan, bagi PNS/CPNS.
3. Surat izin/rekomendasi dari atasan/pimpinan.
4. Surat ijin suami/istri bagi yang sudah berkeluarga.
5. Pas foto terbaru dengan latar warna Merah.
- Ukuran 2x3 sebanyak 2 lembar
- Ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar
6. Surat keterangan sehat dari dokter/rumah sakit pemerintah
7. Bukti pembayaran Pendaftaran Ujian Masuk Rp.100.000,- melalui Bank BNI Cabang UNPAD Bandung
- a.n. = Bendahara Penerimaan STKS Bandung
- No. Rek = 0120074883

WAKTU & TEMPAT PENDAFTARAN
A. Waktu Pendaftaran
Tanggal 2 Mei sampai 17 Juni 2011

B. Tempat Pendaftran
1. Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Sosial RI,
Jl. Salemba Raya No. 28 Jakarta Pusat
Telp./Fax. (021) 3144321
2. Kampus STKS Bandung
Jl. Ir. H. Juanda No. 367 Bandung
Telp. (022) 2504838-2516583 Ext. 141
Fax. (022) 2502962
3. Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan
Kesejahteraan Sosial (BPPKS) Yogyakarta
Jl. Purwomartani Kalasan – Sleman Yogyakarta
Telp./Fax. (0274) 496925
4. Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan
Kesejahteraan Sosial (BPPKS) Padang
Jl. Alai Kelurahan Katalokoto, Kecamatan Pauh - Padang
Telp. (0751) 74447 Fax. (0751) 74035
5. Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan
Kesejahteraan Sosial (BPPKS) Banjarmasin
Jl. Batu Besar No.9 Banjarmasin
Telp. (0511) 3353209, 3353015
Fax. (0511) 4417162
6. Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan
Kesejahteraan Sosial (BPPKS) Makassar
Jl. Perintis Kemerdekaan Km.9 – Tamalanrea Makassar
Telp./Fax. (0411) 584057
7. Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan
Kesejahteraan Sosial (BPPKS) Jayapura
Jl. Gerilyawan No. 135 Abepura Jayapura
Telp. (0967) 588172 Fax. (0967) 581144
8. Panti Sosial Bina Grahita Nepotowe Palu
Jl. Towua No. 134 Kalukubula Palu
Telp./Fax. (0451) 481566
9. Lokasi lain yang ditetapkan panitia

BIAYA PENDIDIKAN
Mahasiswa Ijin Belajar
- Registrasi Semester I Rp.150.000,-
- SPP Semester I Rp.600.000,-
- Sumbangan Sarana Prasarana (1X Selama perkuliahan) Rp.1.000.000,-
- Pengenalan Program Institusi (PPI) Rp.150.000,-
Jumlah Rp. 1.900.000,-
Jenis dan besarnya biaya tersebut sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan peraturan yang berlaku)

PELAKSAAN UJIAN MASUK
A. Seleksi Akademik
1. Pelaksanaan
Hari/tanggal: Senin, 27 Juni 2011
Waktu: pukul 08.00 s.d. selesai (waktu setempat)
2. Materi Ujian: a) Kemampuan Umum (Pancasila, UUD’45, Pengetahuan Umum Kesejahteraan Sosial, Logika), b)Bahasa Inggris, c) Bahasa Indonesia
3. Pengumuman Hasil Seleksi Akademik pada tanggal 11 Juli 2011. Dan akan disampaikan ke lokasi ujian, instansi pengirim, website STKS (www.stks.ac.id), website Kementrian Sosial RI (www.depsos.go.id)

B. Wawancara
1. Pelaksanaan
Hari/tanggal: Kamis-Jumat, 14-15 Juli 2011
Waktu: pukul 08.00 s.d. selesai (di kampus STKS Bandung)
2. Pengumuman kelulusan akan dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2011 dan akan disampaikan ke lokasi Ujian, instansi pengirim, website STKS (www.stks.ac.id), website Kementrian Sosial RI (www.depsos.go.id)

PPI & LATSAR
Setiap Mahasiswa Baru wajib mengikuti Pengenalan Program Institusi (PPI) yang dilaksanakan tanggal 25-27 Juli 2011 dan Pelatihan Dasar Penanggulangan Bencana (Latsar PB) dilaksanakan tanggal 19-21 Desember 2011.

REGISTRASI & PERKULIAHAN
A. Registrasi mahasiswa dilaksanakan mulai tanggal 19 s.d. 22 Juli 2011
B. Perkuliahan Tahun Akademik 2011/2012 mulai dilaksanakan tanggal 8 Agustus s.d. 2 Desember 2011
C. Jadwal Perkuliahan akan ditentukan kemudian.




Selengkapnya...

PUISI-nya

Saya mendapat sebuah untaian kata dari seseorang di satu tempat nan jauh di sana, yang sebelumnya saya menantangnya untuk membuat sebuah puisi dengan kata kunci “MALAM”. Inilah isinya...

Malam berkabut tipis
Badanku membelah lalu lalang jalan
Di temaram lampu kendaraan

Bias sinarnya melambat hangat
Lalu sederhana sekali caranya
Membuatku sekuat tenaga menyimpan rahasia
Pasti dia tak tahu
Mengapa kabut menebal di langit malamku
Hatiku riuh sekali – suaranya utopia
Rahasia itu
Aku ingin – memimpikannya – tak bisa
Malam berkabut tebal

*Kang, ini puisi one take yang kubuat dalam waktu 7 menit, puisi pesananmu,,,


Abd. Muhni Salam
Kaluku Lolo
Ditulis pada malam jam 01.04 tanggal 2 Mei 2011, bersama sahabat Muh. Arief Setiawan yang bermain catur dengan laptopnya, ditemani Arifin Sabara yang sedang menelpon pacarnya yang saat ini mengatakan “saya kira kita memang jodoh”, lewat telepon.

Selengkapnya...

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog Saya

"Magical Template" designed by Blogger Buster