Selasa, 21 September 2010

Main Rubik Yuk...!!!



Hari ini (18/9) saya sudah bisa menyelesaikan 2 macam rubik, yaitu 3x3x3 dan 2x3x2—saya tidak tahu nama rubik ini. Ada pada gambar. Rubik ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, namun sama-sama asyik untuk dipelajari dan disusun hingga menjadi utuh dalam bentuk yang sempurna. Saya mempelajari rubik setelah melihat salah seorang teman yang membawa rubiknya kemana-mana, sambil mengumbar bahwa rubik itu sangat mudah. Padahal selama ini saya melihat rubik dan tidak pernah berhasil menyusunnya, karena menurut saya itu hanya permainan sepele yang tidak ada penyelesaiannya lagi—pemikiran orang-orang yang pesimis. Sekarang kata-kata itu tidak ada lagi—artinya sudah optimis—apapun jenis rubik akan saya pelajari bagaimanapun caranya. Saya banyak belajar dari video-video tutorial1, 2, dan 3 yang menyajikan cara-cara menyusun rubik ini.

Rubik ini banyak digunakan orang untuk mengasah otak. Orang-orang berlomba untuk menyelesaikannya dalam jangka waktu yang sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik. Sangat banyak macam-macam rubik, sekarang jumlah rubik yang sudah ditemukan (cari di internet). Dan yang beredar di Indonesia ada banyak macam. Lihat disini. Dari sekian banyak itu saya baru tahu 2 macam. Kasian, kasian, kasian. Bagaimana dengan Anda?
Untuk mempelajari satu macam rubik, biasanya menghabiskan waktu sampe 1 jam, dan untuk selanjutnya bisa menyusun sampai 15 menit—bahkan lebih cepat. Jika sudah menghafal rumusnya maka bisa sampai 3 menit—bahkan lebih cepat juga—karena itu akan membuat orang-orang akan semakin bangga dengan kemampuannya—dalam hal ini sebagai self promotion dan bukan sebagai suatu kesombongan.
Ada beberapa manfaat yang dapat saya ambil dari belajar rubik
1. Bisa menyelesaikan sesuatu dengan mengorbankan sesuatu yang lain
2. Segala sesuatu berkaitan dengan yang lainnya dalam hal yang sejenis
3. Meningkatkan kemampuan otak untuk tetap berpikir dengan jernih
4. Meningkatkan kemampuan menghafal rumus
5. Meningkatkan kemampuan untuk memecahkan masalah
6. Meningkatkan tingkat gengse tentunya
Teman-teman saya akan cenderung memandang berbeda terhadap orang yang bisa menyusun rubik dan berbeda juga dengan yang tidak bisa—saya rasa ini sangat subjektif. Namun itulah kenyataan pada teman-teman saya. Saya sarankan kepada teman-teman pembaca yang budiman, belajarlah bermain rubik, dan temukan keasyikannya.
Sekian


0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog Saya

"Magical Template" designed by Blogger Buster