Kamis, 30 September 2010

Bandung Air Show

Bandung Air Show, keren sekali, sebuah acara yang dilaksanakan untuk ulang tahun Bandung di Lapangan Udara Husein sastranegara. saya masih mau liat acara itu, karena seru sekali dan sangat menghibur. Orang-orang yang mungkin sangat senang melihat hal itu, apalagi dengan harga tiket yang cukup terjangkau yaitu Rp.7500, masyarakat kebanyakan sudah bisa melihat pesawat terbang, bahkan berfoto di samping pesawat. Saya sangat senang melihat situasi seperti itu. Sungguh suasana yang sangat membahagiakan.




Ini foto saya dengan pesawat-pesawat yang dipamerkan di situ, bersama dengan orang lain.
Selengkapnya...

Seminar Internet Sehat

kemarinn pas saya dan teman-teman, mas joko dan bambang sudrajat ke hotel preanger, buat ngikutin seminar internet sehat, saya tuh senang sekali bisa berkumpul dengan orang-orang hebat, para penulis penulis dunia maya, alias blogger yang sudah ssangat berpengalaman di bidangnya.
teman-teman semua, kalau acara kemarin itu disponsori sama Telkom, Speedy, Blog vaganza, Axioo, dan banyak lagi..

kalau teman-teman semua pengen ngeliat kegiatan acara itu, liat foto-fotonya Berikut ini

Mas joko dan bambang tugh, pas acaranya belum dimulai...
saya yang jepret..


dihibur sama tina toon
seruu kan...

pokoknya teman-teman blogger yang tidak hadir pasti nyesel...
nanti kalo ada acara gitu lagi maampir aja di blog ini, pasti dapat infonya ok guys...
Selengkapnya...

Selasa, 21 September 2010

Main Rubik Yuk...!!!



Hari ini (18/9) saya sudah bisa menyelesaikan 2 macam rubik, yaitu 3x3x3 dan 2x3x2—saya tidak tahu nama rubik ini. Ada pada gambar. Rubik ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, namun sama-sama asyik untuk dipelajari dan disusun hingga menjadi utuh dalam bentuk yang sempurna. Saya mempelajari rubik setelah melihat salah seorang teman yang membawa rubiknya kemana-mana, sambil mengumbar bahwa rubik itu sangat mudah. Padahal selama ini saya melihat rubik dan tidak pernah berhasil menyusunnya, karena menurut saya itu hanya permainan sepele yang tidak ada penyelesaiannya lagi—pemikiran orang-orang yang pesimis. Sekarang kata-kata itu tidak ada lagi—artinya sudah optimis—apapun jenis rubik akan saya pelajari bagaimanapun caranya. Saya banyak belajar dari video-video tutorial1, 2, dan 3 yang menyajikan cara-cara menyusun rubik ini.

Rubik ini banyak digunakan orang untuk mengasah otak. Orang-orang berlomba untuk menyelesaikannya dalam jangka waktu yang sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik. Sangat banyak macam-macam rubik, sekarang jumlah rubik yang sudah ditemukan (cari di internet). Dan yang beredar di Indonesia ada banyak macam. Lihat disini. Dari sekian banyak itu saya baru tahu 2 macam. Kasian, kasian, kasian. Bagaimana dengan Anda?
Untuk mempelajari satu macam rubik, biasanya menghabiskan waktu sampe 1 jam, dan untuk selanjutnya bisa menyusun sampai 15 menit—bahkan lebih cepat. Jika sudah menghafal rumusnya maka bisa sampai 3 menit—bahkan lebih cepat juga—karena itu akan membuat orang-orang akan semakin bangga dengan kemampuannya—dalam hal ini sebagai self promotion dan bukan sebagai suatu kesombongan.
Ada beberapa manfaat yang dapat saya ambil dari belajar rubik
1. Bisa menyelesaikan sesuatu dengan mengorbankan sesuatu yang lain
2. Segala sesuatu berkaitan dengan yang lainnya dalam hal yang sejenis
3. Meningkatkan kemampuan otak untuk tetap berpikir dengan jernih
4. Meningkatkan kemampuan menghafal rumus
5. Meningkatkan kemampuan untuk memecahkan masalah
6. Meningkatkan tingkat gengse tentunya
Teman-teman saya akan cenderung memandang berbeda terhadap orang yang bisa menyusun rubik dan berbeda juga dengan yang tidak bisa—saya rasa ini sangat subjektif. Namun itulah kenyataan pada teman-teman saya. Saya sarankan kepada teman-teman pembaca yang budiman, belajarlah bermain rubik, dan temukan keasyikannya.
Sekian


Selengkapnya...

Sabtu, 18 September 2010

VMJ



Semalam (21/4), saya berbincang dengan senior saya tentang Cinta. Menurut dia cinta itu sulit di tebak, kadang bisa dirasakan sebelumnya, namun kadang juga hanya bisa dirasakan pada saat itu juga. Sungguh sulit tertebak. Dalam hal ini, orang-orang seperti ini memang benar, namun bisa juga salah, namanya juga cinta sulit di tebak. Hehe
Dalam tulisan saya kali ini yang saya anggap masih sangat perlu diperbaiki, saya melihat kalau cinta itu muncul karena adanya rasa. Entah rasa apa itu. Benci, suka, senang, kagum, terpesona, atau apalah, yang jelas rasa. Saat rasa ini masuk ke dalam pikiran seseorang, dalam hal ini orang yang akan terkena sebuah perasaan aneh bernama cinta, maka rasa ini akan segera mempengaruhi perasaan orang tersebut. Bagaimanapun caranya, yang jelas orang tersebut terpengaruh. Cepat atau lambat. Yah bisa dibilang hal ini terjadi pada orang-orang saja, tetapi hal ini saya rasakan juga. Hehe. Cinta itu timbul dari perasaan itu. Perasaan itu bermula dari pikiran tadi. Ketika dalam perasaan seseorang itu kembali ke pikiran dan mencoba memikirkan arti dari rasa yang dia rasakan sekarang, maka secara manusiawi, tidak akan ada yang bisa merealisasikan perasaan yang muncul itu dalam sebuah tindakan nyata, positif atau negatif. Bicara cinta saja, orang-orang tertentu bisa terpancing dan bisa timbul juga cinnta dalam hatinya saat itu juga, namun seperti yang saya katakan, cinta ini tidak angsung muncul ke permukaan, butuh waktu dan proses, seiring berjalannya waktu, dan tentunya membutuhkan reinforcement.Terkadang orang-orang hanya melihat dari reinforment-reinforcement ini saja yang menyebabkan munculnya cinta padahal, cinta itu muncul sudah sejak lama. Dilihat dari sebab awalnya, rasa.

Berbicara tentang Virus Merah Jambu, ini bisa mempengaruhi siapa saja, dimana saja, kapan saja, de el el, karena memang hakikatnya begitu. Tidak ada hati yang bisa berbohong, kebanyakan itu hanya bentuk kamuflase dari kesombongan dan keangkuhan, satu lagi “gengsi gede-gedean”. Hehe. Kalau virus ini menginfeksi seorang anak manusia yang biasa-biasa saja, maka akan menimbulkan sesuatu yang kita semua sering lihat dan tentunya tidak kita harapkan. Namun, jika virus ini ditangkap dan diadopsi oleh orang yang tepat dan benar-benar siap untuk dipengaruhi oleh VMJ, maka akan tepat dan berujung pada sesuatu yang membahagiakan dan sesuai harapan. Harapan yang positif tentunya. Dan saya harap tidak ada yang berharap negatif. Negatif itu dorongan setan saja. Virus ini menginfeksi seluruh bagian dari seorang manusia, fisik dan mental, di tunjukkan dengan berbagai macam perilaku yang berbeda dari setiap individu. Perilaku ini yang akan menginformasikan kepada kita semua dengan jelas, dan tidak mungkin berbohong, tentang bagaimana orang tersebut mengelola VMJ ini.
VMJ ini seperti namanya, adalah sebuah virus, sebenarnya tidak perlu di musnahkan, dan tidak perlu diobati. Hanya memerlukan antibodi yang kebal terhadap pengaruh negatif yang dapat menjerumuskan manusia ke dalam sebuah lembah yang hanya bisa bisa dilihat dan dirasakan oleh hantu-hantu buta dan bisu. Betapa beruntungnya kita sekarang yang merasa belum dekat-dekat dengan lembah itu. Antibodi ini akan sangat cocok untuk anak muda sekarang yang cenderung lebih cepat mengenal dan terinfeksi oleh virus ini. Tetapi pertanyaannya kemuadian yang muncul, maukah mereka mendapatkan antibodi yang harganya tidak mahal, dan bahkan mungkin bisa setiap saat diperoleh dengan gratis jika mau dan ada penyedianya. Penyedia antibodi ini ada di dalam tempat-tempat yang mengajarkan tentang baiknya dan bagaimana cara kita bergaul dengan seseorang khususnya lawan jenis, dan hijab antara laki-laki dan perempuan. Hati-hati saja dengan beberapa antibodi yang sudah terinfeksi juga dengan virus yang lebih mematikan dan menyesatkan, yaitu liberalisasi. Ini lebih berbahanya daripada yang kita semua bayangkan. Tidak akan saya bahas di sini, maklum saja, belum dapat bahannya dan memang tidak cocok dengan materi kali ini. Untuk memperjelas masalah VMJ yang menyerang anak muda ini akan lebih jelas jika kita mengambil satu contoh, misalnya si A. A adalah orang yang pintar dan bersahaja. Dia dikagumi oleh seorang wanita namanya B. B ini kagum dan merasa kalau dia itu terserang VMJ. Apakah betul dia terserang VMJ ini? Atau itu merupakan perasaannya saja? Ini yang perlu kita limitasi. Mungkin saja ini bukan VMJ, tetapi awal dari itu, rasa. Saya tadi mengungkapkan kalau rasa ini berbagai macam, bisa menimbulkan bermacam-macam bentuk pengekspresian. Ada juga rasa yang tinggal dalam hati orang yang Cuma beberapa hari, atau mungkin beberapa jam saja. Sangat aksidental. Kalau itu dirasa merupakan awal dari cinta, maka tentu saja sudah bisa dipastikan kalau itu hanya rasa biasa saja. Mengapa demikian? Rasa yang menimbulkan cinta itu, bertahan lama dalam perasaan seseorang. Yang akan di proses menjadi sebuah cinta.
Cinta itu benar-benar rumit. Rumit disini tidak dalam artian serumit rangkaian chip, PCB, dll, tetapi rumit untuk dibahas, karena ini merupakan sebuah hal yang sangat sulit ditebak dan berbeda-beda pada setiap orang. Oleh karena itu, pahamilah diri Anda, karena sesungguhnya hanya Anda yang bisa memahaminya sendiri, tanpa harus menceritakan secara detil kepada orang lain. Ari Ginanjar bilang, “Anda adalah raja dari pikiran Anda”. Ini merupakan cara Anda untuk mempermudah Anda untuk mengetahui Cinta (VMJ) itu sudah ada pada diri Anda. Namun, hakikat cinta ada sejak kita lahir ke dunia.
Selengkapnya...

Sejarahmu, Sejarahnya



Tadi malam saya sangat tersentuh dengan sebuah tulisan yang bisa membuat orang lain juga tahun tentang sesuatu yang baru, tersembunyi dan disembunyikan, bisa saja saya menyebut itu sejarah. Ada banyak hal yang bisa saya ketahui dari sejarah, salah satunya kebenaran. Sejarah adalah Ilmu Pengetahuan Ilmu, Ilmu Pengetahuan adalah kebenaran. Jadi kita patut belajar sejarah. Ketika seseorang sudah tidak mengenal sejarahnya maka dia akan menjadi orang asing di negerinya sendiri. Sejarah yang ada di Indonesia, yang beredar, diedarkan dan diijikan beredar hanya tulisan dari orang-orang tertentu yang belum tentu benar—bisa benar dan bisa saja salah. Pelaku sejarah yang masih hidup pun masih bisa berbohong—kalau merupakan seorang penghianat—wallahu ‘alam bissawwab.

Sejarah yang kita baca dan yang kita pelajari selama ini selama 4 tahun di SD (terhitung belajar IPS kelas 2 sampai kelas 6), SMP selama 3 tahun, dan SMA selama 3 tahun pada jurusan IPS dan 1 tahun pada jurusan IPA. Kurang lebih 8 tahun kita belajar sejarah—yang belum tentu benar—sehingga pandangan awal kita tentang sejarah negara Indonesia ini juga pasti akan bingung dan belum bisa menjawab dengan yakin, apa yang sebenarnya terjadi pada masa lalu, dan belum yakin dalam menentukan kebenaran sejati itu. Untuk mereka yang melanjutkan untuk mempelajari sejarah lebih jauh dan lebih dalam, maka mungkin saja mereka menemukan sesuatu yang baru yang sudah dipoles oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Ini adalah sebuah pandangan saya, bisa saya benar, bisa juga salah, bukan apa-apa.
Dalam artikel yang saya baca itu di situs ini, pemikiran saya berkembang menjadi sebuah dugaan yang patut untuk ditanyakan—bukan dipertanyakan—kepada orang-orang yang lebih ahli dan lebih bisa dari kita. Melalui tulisan saya ini, kalau ada yang punya pendapat yang bisa membantu saya dalam melihat lebih jauh lagi dan meyakinkan saya tentang sejarah—yang benar dan yang salah—dalam betuk pertimbangan-pertimbangan yang logis tentunya. Dan sekarang tidak sedikit bangsa Indonesia yang mampu berpikir logis—masih dalam koridor berpikir logis.
Sebaiknya menurut saya, kita itu belajar sesuatu yang sebenarnya pastis saja, dan bagi orang-orang yang suka memanipulasi sejarah tolonglah untuk menghentikan, dan luruskan segala macam jenis tulisan yang bisa membuat kita semua bingung dalam hal sejarah. Sejarah itu penting, sehingga jika ada sesuatu yang tidak sesuai antara satu tulisan yang satu dengan yang lainnyam, maka akan menimbulkan sesuatu yang menyesatkan. Kita harus belajar dari sejarah. Sejarah yang bisa membawa kita ke masa depan yang lebih baik dan melakukan perubahan sesuai dengan sejarah, agar kesalah itu tidak berulang kembali.

Selengkapnya...

Jumat, 10 September 2010

Di Hari Lebaranku 1431 H




Tahun ini 1431 H, pada bulan Ramadhan sya sepertinya tidak terlalu merasakan efek berpuasa, karena mungkin ada banyak teman-teman di asrama yang setiap hari menghibur dan melaksanakan aktivitas yang sangat variatif dengan berbagai karakter. Begitulah kehidupan di asrama, semuanya berwarna-menurut saya juga tergantung orangnya yang bisa memberi warna pada setiap kehidupannya.
Lebaran sebuah kata yang sangat identik dengan MUDIK, yang menurut saya itu hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang beruntung. Namun bukan berarti yang tidak mudik itu tidak beruntung, karena dalam konteksnya yang berbeda dan tentunya bisa melihat hal itu dari sisi lain. Seperti saya, yang tahun ini tidak mudik ke Makassar dan tetap lebaran di Dago-Bandung-.


Sebuah kata yang sangat kunantikan dari orang-orang terdekatku yang amat kucintai-Insya Allah karena Allah-yang bisa membuat aku tersenyum-walaupun dalam ekspresi yang meneteskan air mata-dan membuat saya sangat bahagia-mudah-mudahan bahagia lahir batin. Inii yang saya tunjukkan pada hari nan fitri ini. Sungguh mengharukan rasanya ketika saya mengatakan kepada ibuku "pammopporanga", sebuah kata yang sangat sakral bagiku-yang selalu kukatakan setiap kali saya melakukan kesalahan-termasuk di hari yang berbahagia ini.
tanpa opor ayam buatan ibuku-ayam olahan lain ada sich-yang selalu membangkitkan selera makanku. Pulang lebaran, Tak ada kata halal bil halal dulu, pokoknya abis lebaran, salam kanan kiri, pulang minta maaf ke ibu bapak, dan saudara, langsung nyantap hidangan lebaran, namun kali ini tak eperti itu, sunggu beda lebaran di kampung orang dengan lebaran di kampung halaman. To be continue...
Selengkapnya...

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog Saya

"Magical Template" designed by Blogger Buster