Selasa, 17 Agustus 2010

UPACARA??

Pagi ini, sebuah pagi yang indah memberikan sebuah stimulus yang sama yang pada akhirnya manusia memikirkan sebuah hal yang pastinya berkaitan dengan tanggal 17 Agustus. Itulah hari kemerdekaan. Suatu hari yang amat dinanti-nantikan oleh seluruh rakyat Indonesia sebelum hari jumat ketiga di bulan Agustus 1945 itu. Merdeka itu sangat menjadi kebanggaan kita semua. Menjadi bebas dari penjajah-dalam hal ini dalam arti yang sebenarnya-merupakan harapan kita semua. Namun, apakah itu akan menjadi sebuah kenyataan yang akan abadi sampai akhir hayat nanti. Tentunya yang kita harapkan adalah jawaban IYA. Sungguh ironis jika tetesan darah para pahlawan kita dahulu itu disia-siakan oleh generasi muda sekarang ini. Aku melihat bahwa nasionalisme kita saat ini sudah sangat menurun. Untuk ikut upacara saja, hanya sedikit mahasiswa yang mau ikut dalam acara yang disakralkan itu. Namun, apakah kita semua peduli? Peduli ataupun tidak yang terpenting adalah ada bukti yang nyata dan dapat dilihat secara kasat mata. Aku lihay di kampus itu yang ikut upacara kebanyakan adalah maba. Mahasiswa tingkat atas semuanya dimana?

Aku juga salah satunya mahasiswa tingkat atas yang TIDAK IKUT upacara. Aku merasa ada sesuatu yang beda dengan upacara-upacara saat ini dengan saat upacara pada saat SD, SMP. Saat itu aku sangat antusias mengikuti upacara, bahkan mengikutinya dengan hikmat. Aku bingung apa yang sebenarnya terjadi? Dan apa yang seharusnya kita lakukan, sehingga semangat itu muncul kembali dalam jiwa-jiwa anak muda sekarang-termasuk aku-sehingga upacara menjadi ramai dan sesak oleh mahasiswa maupun siswa.
Terkadang, kami semua ikut upacara hanyak karena kami merasa ada paksaan dari pihak lain, entah itu karena alasan A atau B. Ada berbagai macam alasan. Kami hanya takut terhadap resiko yang muncul dari alasan tadi sehingga kami ikut upacara, dan bukan karena peduli atau benar-benar ikut untuk mengikuti upacara itu dengan serius, BUKAN. Jadi apa yang harus kita lakukan sekarang?

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog Saya

"Magical Template" designed by Blogger Buster